belajar digital
belajar digital

Digital marketing merupakan sebuah usaha dalam melakukan pemasaran produk atau brand tertentu secara digital atau melalui internet. Tujuan dari dilakukannya digital marketing yaitu agar pasar yang dijangkau lebih luas. Di era digital ini, memang pemasaran melalui internet dinilai lebih efektif dibandingkan pemasaran secara langsung dengan menggunakan media seperti banner, spanduk, dan lain sebagainya. Namun pemasaran melalui internet tidak semudah yang dibayangkan. Agar target pasar bisa tercapai sesuai keinginan, Anda harus belajar digital marketing dengan benar. Berikut ini adalah hal-hal penting yang akan Anda dapatkan jika belajar mengenai digital marketing :

belajar digital

1. SEO (Search Engine Optimizer)

SEO atau Search Engine Optimizer merupakan sebuah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi atau memaksimalkan halaman website melalui kata kunci sehingga bisa berada di halaman awal search engine Google. Jadi dengan kata lain, website perusahaan Anda akan berada di halaman awal Google berdasarkan kata kunci tertentu. Dalam SEO, kualitas konten merupakan hal utama. Konten yang berkualitas akan membuat teknik SEO lebih optimal.

2. Content Marketing

Content marketing merupakan sebuah strategi pemasaran dengan cara membuat dan mendistribusikan konten yang mampu menarik minat audiens menjadi seorang customer. Sebelum membuat content marketing, Anda harus merencanakan dengan baik agar content yang dibuat tepat sasaran. Storytelling merupakan strategi content marketing yang paling baik karena lebih mampu menarik minat audiens. Selain itu, karena minat membaca yang masih rendah, storytelling berupa video juga cukup efektif.

3. SEM (Search Engine Marketing)

SEM atau Search Engine Marketing merupakan sebuah cara dalam melakukan pemasaran dan kampanye online dengan mengoptimasi mesin pencarian seperti Google. Secara garis besar, SEO dan SEM sama-sama melakukan optimasi pada mesin pencarian. Perbedaanya yaitu SEO bisa dilakukan secara gratis, sedangkan SEM adalah optimasi yang berbayar. Meskipun begitu, tentu saja SEM lebih efektif dibandingkan SEO.

4. Email Marketing

Jenis pemasaran ini sangat baik dan efektif untuk digunakan pada ecommerce atau personal branding. Penggunaan ecommerce yaitu dengan cara mengubah seorang customer menjadi seorang consumer. Hal tersebut bisa dilakukan jika customer aktif mengkonsumsi konten penjual sehingga mampu membuat brandnya menjadi Top of Mind. Sedangkan pada personal branding, Anda bisa mengirim info ke email target. Strategi marketing ini memang bisa lebih maksimal jika Anda belajar mengenai digital marketing secara profesional.

5. Social Media Marketing

Sebagian besar pengguna internet saat ini merupakan pengguna sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, atau yang lainnya. Pada sosial media ini sebuah perusahaan bisa melakukan pemasaran dengan lebih efektif. Selain itu, melalui media sosial sebuah perusahaan juga bisa mengetahui minat pasar atau konsumen. Mengetahui digital marketing akan membuat Anda bisa memanfaatkan sosial media secara tepat.

6. Landing Page dan Pay Per Click

Landing page yaitu sebuah halaman terpisah saat pengunjung menekan link yang ada di dalam iklan. Selain itu ada juga istilah PPC atau Pay Per Click dimana pembayaran hanya dilakukan setelah ada pengunjung yang menekan klik pada iklan. Beberapa contoh PPC yaitu Facebook Ads, Google Ads, dan Instagram Ads.

Itulah 6 hal yang akan Anda dapatkan jika belajar digital marketing secara profesional. Tidak hanya untuk mengembangkan usaha sendiri saja, banyak juga perusahaan yang membutuhkan karyawan dengan skill digital marketing, sehingga prospek kerjanya cukup menjanjikan. Jika ingin belajar mengenai digital marketing secara profesional, Anda bisa mendaftar kelas singkat di IDS atau International Design School. Banyak ilmu dari IDS yang akan bermanfaat untuk mengembangkan usaha Anda atau menghadapi dunia kerja.