Wedding ring jakarta
Wedding ring jakarta

Pernikahan adalah momen yang sangat spesial. Karenanya, semua hal harus dipersiapkan dengan matang, termasuk cincin pernikahan. Untuk mencarinya memang tidak sulit, apalagi di kota besar seperti Jakarta. Anda tinggal datang ke toko wedding ring Jakarta yang terbaik. Namun, membeli cincin yang pas di hati ternyata tidak mudah. Agar tidak salah memilih, Anda bisa mencoba untuk mengikuti tips berikut.

Tips Membeli Cincin Pernikahan di Toko Wedding Ring Jakarta

Meskipun sama-sama berbentuk lingkaran, cincin pernikahan memiliki makna yang berbeda dengan cincin biasa. Lingkaran cincin kawin yang utuh tak terputus melambangkan doa dan harapan dari pasangan pengantin agar pernikahan mereka kekal abadi. Sangat wajar jika setiap pasangan menginginkan cincin yang spesial dan mewakili perasaan hati.

Wedding ring jakarta
Wedding ring jakarta

Akan tetapi, dengan banyaknya pilihan cincin sekarang ini, tak jarang para pasangan calon pengantin justru kebingungan untuk memilihnya. Untuk memudahkan Anda dalam memilih cincin nikah yang paling sesuai, simak dan ikuti beberapa tips berikut ini sebelum membelinya.

1. Berdiskusi dengan Pasangan

Meskipun ada juga yang membuat cincin kawin untuk calon pengantin wanita saja, pada umumnya cincin kawin dibuat sepasang. Hal ini yang terkadang membuat Anda dan pasangan bingung menentukan pilihan. Penyebabnya, laki-laki dan perempuan biasanya memiliki selera yang berbeda dalam memilih cincin pernikahan, terutama dalam hal desain dan bahannya. 

Kaum Adam biasanya lebih menyukai warna dan desain cincin yang lebih simpel, polos tanpa berlian, atau dengan sedikit berlian. Sebaliknya, kebanyakan perempuan lebih menyukai cincin yang terlihat mewah, desain yang lebih rumit, dan berhiaskan berlian yang berkilauan. 

Oleh karena itu, sebelum membeli atau memesan cincin, sangat penting untuk mendiskusikannya dengan pasangan untuk mengompromikan selera. Namun, jangan khawatir, dengan kreativitas para desainer cincin kawin, Anda bisa mendapatkan sepasang cincin yang serasi, tetapi tetap mencerminkan karakter dan selera masing-masing.  

2. Memilih Desain yang Paling Sesuai

Desain cincin kawin memang tak terbatas. Akan tetapi, secara umum, desain cincin pernikahan terbagi dalam tiga kategori, yaitu klasik, antik, dan modern dengan ciri khas masing-masing sebagai berikut.

  • Desain klasik: sederhana, tetapi selalu cocok di segala zaman.
  • Desain antik: lebih rumit dan memiliki nilai estetika yang tinggi.
  • Desain modern: minimalis, simpel, dan selalu up to date.

Ketiga jenis cincin kawin tersebut bisa ditemukan di Frank 7& co, toko wedding ring Jakarta yang sudah berpengalaman. Ada seri Timeless dan Classic Wedding Ring dengan beberapa model untuk penyuka desain klasik. Sementara itu, desain antik Pristine, Eternity, Infinity, Embrace, Trust, dan Trinity Ring dibuat untuk pecinta cincin artistik. Adapun desain modern diwakili seri Aureola Wedding dan You Complete Me.

3. Menentukan Bahan dan Kontur Permukaan

Anda pasti sudah tahu bahwa sekarang, cincin pernikahan tidak harus terbuat dari emas kuning. Ada banyak alternatif logam lain yang biasa dibuat menjadi cincin kawin, seperti emas putih, platinum, perak, tungsten, zirconium hitam, dan palladium. Semuanya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing.

Selain bahan, Anda juga perlu mempertimbangkan kontur permukaan cincin, apakah glossy atau doff. Cincin dengan permukaan glossy yang tampak berkilau sehingga memberikan kesan mewah dan lebih mudah dirawat. Permukaan doff  terasa sedikit kasar, memberikan kesan modern dan elegan, tetapi lebih suit dirawat. Lapisan doff lama-kelamaan akan terkikis atau memudar. 

Ada satu hal yang juga perlu diingat, yaitu sebaiknya Anda merencanakan cincin kawin yang akan dibeli jauh-jauh hari supaya bisa memilih yang sesuai dengan impian. Semoga tips di atas membantu dan selamat menyongsong hari spesial Anda bersama pasangan.