cincin emas
cincin emas

Jika Anda punya cincin atau perhiasan lain yang sudah lama dan warnanya kurang menarik lagi. Namun sayang jika harus dijual, Anda bisa mengembalikan warnanya seperti sedia kala dengan berbagai cara. Oleh karena itu, sebelum hal tersebut terjadi, Anda bisa merawat cincin emas agar tetap awet. 

Mengembalikan kilau cincin di tangan ahli atau di tempat Anda membelinya memang bagus dan hasilnya lebih maksimal. Namun bagi Anda yang tidak memiliki waktu jika harus ke toko, Anda bisa merawatnya sendiri di rumah.

Cara Mudah Merawat Cincin di Rumah 

Merawat cincin sendiri di rumah selain lebih menghemat waktu dan bisa dilakukan kapan saja juga lebih meminimalisir pengeluaran. Nah, berikut beberapa cara merawat cincin di rumah:

Bersihkan dengan Sabun Cuci Piring

Cara merawat cincin yang paling mudah adalah dengan menggunakan sabun cuci piring cair. Selain bahannya yang mudah didapat, cara ini juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya yaitu:

Cincin Emas
Cincin Emas
  • Campurkan sabun cuci piring dengan air secukupnya
  • Setelah itu aduk sampai merata
  • Kemudian rendam cincin selama kurang lebih 5 menit
  • Bersihkan cincin dari kotoran dengan sikat yang lembut, lakukan dengan hati-hati
  • Lalu bilas dan keringkan cincin dengan kain yang lembut

Soda dengan Deterjen

Cara merawat cincin emas yang tak kalah udah berikutnya yaitu dengan deterjen yang dicampur dengan soda. Anda bisa menggunakan deterjen bubuk dengan soda bubuk yang biasa digunakan untuk membuat kue. Cara membersihkan perhiasan dengan detergen yaitu:

  • Campurkan deterjen dengan sedikit soda, larutkan kedua bahan dengan air
  • Kemudian masukkan cincin dan rendam sekitar 10 sampai 20 menit
  • Gunakan sikat dengan bulu yang lembut untuk membersihkan kotoran
  • Bilas hingga bersih, lalu keringkan dengan kain dan gosok dengan perlahan

Jangan Gunakan Air Mendidih

Air mendidih memang efektif dalam membunuh kuman atau bakteri yang menempel pada perhiasan. Tapi membersihkan cincin atau perhiasan lainnya dengan air mendidih sangat tidak disarankan.

Terutama pada perhiasan yang terdapat batu permata atau manik-manik. Membersihkan perhiasan dengan air bersih dapat merusak perhiasan, terlebih jika terdapat campuran logam perhiasan akan mudah memuai. Air mendidih juga merusak lem yang digunakan untuk merekatkan manik-manik tersebut.

Selain itu, air mendidih atau air dengan suhu yang terlalu panas juga bisa menyebabkan manik-manik mudah retak atau pecah. Oleh karena itu, untuk membersihkan cincin cukup menggunakan air hangat saja.

  1. Hindari Aktivitas yang Merusak Emas

Selain rajin membersihkan perhiasan secara mandiri, Anda juga sebaiknya merawat perhiasan mulai dari hal terkecil. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk menjaga cincin atau perhiasan Anda:

  • Lepas Perhiasan Saat Berenang

Klorin dalam kolam renang sebenarnya kurang bersahabat dengan perhiasan atau cincin Anda. Perhiasan emas yang sering terpapar klorin akan mudah rusak karena melemahnya struktur emas.

  • Lepas Saat Mandi

Sisa-sisa cairan sabun atau sampo saat mandi yang menempel dan masuk di sela-sela cincin akan membuat cincin tersebut kotor.

  • Lepas Ketika Sedang Dandan

Begitu juga saat Anda berdandan. Zat-zat yang terkandung dalam makeup, parfum, lotion, hairspray, dan perlengkapan merias diri lainnya akan merusak lapisan emas.

Oh, ya, bagi Anda yang sering membersihkan rumah dengan cairan pembersih yang mengandung zat abrasif atau zat asam lainnya sebaiknya lepaskan terlebih dahulu perhiasannya atau gunakan sarung tangan karet agar cincin emas Anda tetap terlindungi. Yuk, coba merawat perhiasan mulai dari hal terkecil.